Tips Berwisata Kuliner Saat Mengunjungi Pantai Depok Di Jogja



Daerah istimewa Yogyakarta atau lebih dikenal dengan Jogja adalah sebuah wilayah yang kaya akan tempat wisata. Baik berupa wisata alam, sejarah dan lain-lain.

Wisata alam yang paling banyak terdapat di Jogja adalah pantai. Di Jogja ada beberapa pantai yang sudah sangat terkenal seperti Indrayanti, Parangtritis dan lain-lain. namun ada juga pantai-pantai indah lainnya yang belum begitu banyak di ketahui orang, seperti pantai Depok Jogja. 

Pantai Depok Jogja ini merupakan salah satu pantai yang berada di kecamatan Batul, Jogja. Kecantikan panorama alam yang disertai lembutnya pasir pantai membuat pantai Depok menjadi salah satu pantai yang bisa anda jadikan destinasi wisata saat liburan.

Suguhan pemandangan berupa tebing batu di sisi pantai membuat suasana di pantai Depok Jogja terlihat sangat indah dan nyaman. Selain itu, gulungan ombak sedang yang selalu menyertai pantai Depok akan sangat cocok untuk anda yang senang bermain-main pasir atau berenang. 

Selain keindahan pantai Depok Jogja yang sangat mempesona, di pantai ini juga terdapat sebuah tempat pelelangan ikan. Dengan adanya tempat pelelangan ikan, anda dapat membeli ikan dengan harga yang cukup murah. Selain itu ikan yang di tawarkan juga masih fresh. Untuk dapat menikmati ikan segar yang anda beli di tempat pelelangan ikan pantai Depok Jogja, ada beberapa tips yang bisa anda jadikan panutan. Berikut tips untuk berwisata kuliner di pantai Depok Jogja :

1.    Datanglah pagi hari, karena pada pagi hari ini para nelayan baru saja kembali dari laut sehingga pilihan ikan masih beragam, selain itu kesegaran ikan juga masih sangat terjamin. Untuk membuktikan bahwa ikan masih segar atau tidak, anda bisa melihat di bagian matanya dan mencium bau ikan. Apa bila bau amis masih menyengat berati ikan masih segar, anda juga bisa mengeceknya dengan menekan tubuh ikan. Apa bila setelah di tekan lalu kembali ke bentuk semula maka ikan itu masih segar.

2.    Pilihlah jenis ikan yang ingin anda beli. Pada saat pembelian anda bisa menawar pada penjualnya. Dalam urusan tawar menawar ini sebaiknya anda menyerahkan pada orang yang sudah ahli, sebab apa bila tidak ada proses tawar menawar anda bisa di beri harga yang cukup mahal.

3.    Setelah membeli ikan, anda bisa membawa ikan ke warung-warung yang terdapat di pinggiran pantai Depok Jogja. Di warung-warung ini anda bisa meminta pemilik warung untuk memasakkan ikan sesuai menu yang anda inginkan.

Tips berwisata kuliner di pantai Depok Jogja ini dapat menjadi acuan anda sebelum membeli dan menikmati wisata kuliner di pantai Depok. Selain itu, untuk dapat menikmati wisata kuliner di pantai Depok Jogja sebaiknya anda menghindari datang pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon. Ini karena pada hari-hari tersebut para nelayan libur melaut.