Keindahan Curug Dan Kawah Yang Ada Di Kawasan Wisata Gunung Bunder



Bogor merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan puncaknya. Salah satu puncak bogor berupa gunung yang terkenal adalah Gunung Bunder. Gunung Bunder ini merupakan sebuah puncak gunung yang dijadikan sebagai tempat wisata.

Tempat wisata Gunung Bunder menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan masih sangat asri. Sehingga tempat wisata Gunung Bunder ini cocok dikunjungi untuk anda yang ingin menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Di tempat wisata ini juga terdapat banyak keindahan alam seperti curug dan kawah.
Berikut beberapa curug dan kawah yang berada di kawasan tempat wisata Gunung Bunder :

1.    Curug seribu
Salah satu tempat favorit yang pasti di kunjungi para wisatawan saat berada di wisata Gunung Bunder adalah curug seribu. Curug ini memiliki keindahan dengan derasnya air yang mengalir dari atas tebing batu disertai pemandangan alam yang masih sangat asri. Ketinggian tebing batu di curug seribu ini melebihi 100 meter, maka tak heran jika suara gemuruh air dapat terdengar hingga lokasi yang cukup jauh. Untuk mendatangi lokasi curug Seribu, anda harus berjalan kaki dari parkiran motor karena medannya yang cukup sulit. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi curug Seribu ini dengan berjalan kaki yaitu sekitar 1 jam.

2.    Curug Ngumpet
Sebuah nama curug yang terdapat di tempat wisata Gunung Bunder yang masih belum begitu terekspose karena lokasinya yang tersembunyi, ini merupakan alasan mengapa curug ini di namakan sebagai curug Ngumpet. Padahal sebenarnya untuk mencapai lokasi curug Ngumpet waktu yang di tempuh lebih sedikit jika di banding dengan waktu tempuh ke curug Seribu. Untuk mencapai curug Ngumpet ini anda hanya membuhtuhkan waktu sekitar 15-30 menit dari parkiran dengan berjalan kaki.
Sedangkan untuk pemandangan yang di suguhkan curug Ngumpet ini juga tak kalah indahnya, namun ketinggian curug tidak dapat menyemai Curug Seribu yaitu hanya sekitar 50 meter.

3.    Curug Cigamea
Salah satu curug yang terdapat di kawasan wisata Gunung Bunder yang memiliki keistimewaan tersendiri yaitu curug Cigamea. Keistimewaan yang terdapat di curug Cigamea ini adalah adanya fasilitas flying fox, namun untuk dapat menaiki flying fox anda harus membayar Rp. 20.000. Fasilitas flying fox ini dibuat karena lokasi curug Cigamea yang berada di antara tebing yang cukup curam. Untuk dapat menuju lokasi curug Cigamea anda dapat berjalan kaki sekitar 30 menit dari parkiran. Dalam perjalanan anda akan menyaksikan beberapa curug kecil, hingga akhirnya terdapat curug utama dengan ketinggian 50 meter yang disebut dengan curug Cigamea.

4.    Kawah Ratu
Selain curug, di tempat wisata Gunung Bunder juga terdapat sebuah kawah yang bernama Kawah Ratu. Untuk mencapai lokasi kawah ratu, anda membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 3 – 4 jam dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan menuju kawah anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona, terlebih jika sudah sampai di kawasan kawah Ratu yang begitu indah mempesona.

Semua spot yang terdapat di kawasan wisata Gunung Bunder di atas akan sangat sayang jika anda lewatkan saat berkunjung ke kota Bogor.