Keindahan Alami Wisata Air Terjun Madakaripura

Keindahan Alami Wisata Air Terjun Madakaripura - Menikmati Kesejukan Dan Keindahan Alami Wisata Air Terjun Madakaripura
 


Probolinggo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata alam melimpah. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal dan banyak di kunjungi wisatawan adalah air terjun Madakaripura. 

Selain menawarkan keindahan yang sangat memukau, wisata air terjun Madakaripura juga terkenal karena merupakan air terjun paling tinggi di Pulau Jawa, dan merupakan tertinggi ke 2 di Indonesia. Ketinggian air terjun Madakaripura yaitu mencapai 200 meter.

Pamandangan yang disuguhkan tempat wisata air terjun Madakaripura ini berupa deretan tebing berlapis lumut yang membentang luas dan tinggi. Dengan lapisan lumut yang menempel diseluruh permukaan tebing batu membuat suasana di kawasan wisata air terjun Madakaripura terasa begitu asri dan sejuk. Selain itu, percikan air yang menetes di setiap tebing batu juga menambah kesejukan dan hawa dingin di lokasi air terjun. Bahkan dari tebing-tebing batu tersebut, terdapat 3 tetesan atau aliran air yang cukup deras hingga terbentuk air terjun anakan. 

Untuk menuju lokasi wisata air terjun Madakaripura, anda dapat melalui rute Malang-Probolinggo-Tongas. Dari Malang anda dapat naik bis atau kendaraan pribadi menuju Probolinggo. Sesampainya di Probolinggo anda bisa menyambung perjalanan menggunakan kendaraan umum menuju ke Tongas. Jika anda menaiki bis anda bisa mengatakan pada kondektur untuk menurunkan anda di lokasi wisata air terjun Madakaripura, dengan begitu anda akan diturunkan di pertigaan Tongas. Setelah itu anda dapat melanjutkan lagi perjalanan menggunakan angkot menuju Madakaripura, namun sebelum menaiki angkot sebaiknya anda menawar terlebih dahulu harga transportnya.
Dalam perjalanan dari Tongas menuju Madakaripura anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah dan asri. Di sepanjang jalan terhampar panorama alam yang hijau yang mampu membuat mata anda segar kembali. Namun sayangnya karena jalan yang sudah cukup rusak, sehingga perjalanan anda terasa kurang nyaman.

Akan tetapi ketidaknyamanan saat diperjalanan akan segera terbayar begitu anda memasuki kawasan wisata air terjun Madakaripura.

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun Madakaripura tidak ada pungutan biaya tiket masuk. Hanya ada penawaran untuk jasa guide lokal untuk sekedar membawakan barang bawaan atau tas ransel anda, penawaran itu pun tidak bersifat wajib atau memaksa. Dari lokasi pintu gerbang menuju lokasi wisata air terjun Madakaripura anda dapat menempuh perjalanan dengan berjalan kaki, waktu yang dibutuhkan yaitu sekitar 1 jam. Dalam perjalanan ini anda akan disuguhkan dengan pepohonan besar yang rindang dan sungai-sungai kecil yang menambah kesejukan. 

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, rasa lelah akan segera terbayar dengan keindahan pemandangan di sekitar air terjun. Namun untuk dapat mencapai air terjun utama, anda harus melalui perjalanan kembali dengan berjalan kaki melewati tebing yang cukup sempit dan licin. Namun jerih payah untuk mencapai air terjun utama tersebut tidak akan sia-sia karena pemandangan dan suasana di wisata air terjun Madakaripura mampu membayar rasa lelah anda seketika itu juga. 

Untuk mendatangi tempat wisata air terjun Madakaripura, peralatan yang perlu anda siapkan antara lain adalah baju ganti dan mantel hujan atau payung. Ini karena percikan air yang menetes dari tebing mampu membasahi seluruh tubuh anda.