BANYAK MAKAN BAKSO, TUBUH ORANG INI PUN JADI SEPERTI INI

Bakso adalah sebuah makanan yang terbuat dari daging. Sebagian besar bakso terbuat dari daging sapi yang digiling terlebih dahulu dan dicetak menjadi bulatan bola bola daging. Tapi, lihat apa yang terjadi kalau terlalu banyak makan bakso!




Daging mengandung berbagai aneka gizi penting yang berfungsi sebagai pertumbuhan tubuh dan otak. Beberapa dokter pun menganjurkan untuk mengkonsumsi daging tiga sampai empat kali dalam seminggu. Karena daging mengandung banyak sekali gizi, protein vitamin dan zat besi. Untuk itu pengganti daging yang cocok dalam kebutuhan sehari hari adalah dengan makan bakso. Sebuah solusi yang instan dalam mengkonsumsi daging sehari hari.

Seperti telah umum diketahui bahwa Bakso pembuatannya berasal dari daging sapi.Tentu saja anda sudah tahu manfaat dari daging. Adapun manfaat daging terutama daging sapi bagi tubuh manusia adalah setiap 100 gram daging sapi mengandung protein 18,8 gram.

Menurut penelitian menyebutkan bahwa protein hewani lebih baik daya cernanya jika dibandingkan dengan protein nabati (protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan). Di dalam tubuh makluk hidup seperti manusia, protein adalah merupakan penyusun bagian besar organ tubuh, contohnya : rambut, jantung, otot, kulit, paru-paru, otak, dan lain sebagainya. Oleh karena bakso berasal dari daging maka akan mudah dicerna.

Struktur asam amino pada daging yang mirip dengan manusia, tidak dapat dibuat oleh tubuh dan komposisi asam amino yang relatif lebih lengkap dan seimbang.

Apa manfaat protein hewani bagi tubuh manusia? Adapun manfaat dan fungsi dari protein antara lain adalah untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan pertumbuhan. Di samping itu juga protein berfungsi sebagai bahan pembentuk plasma kelenjar, hormone dan enzin; sebagai cadangan energi, jika karbohidrat sebagai sumber energi utama tidak mencukupi; dan untuk menjaga keseimbangan asam basa darah. Jadi dengan protein hewani yang ada di dalam bakso diharapkan bisa menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Berikut berbagai manfaat bakso bagi kesehatan :

  • Pertumbuhan tubuh. Protein dari bakso adalah protein hewani yang mempunyai struktur mirip dengan tubuh manusia, Daya cerna protein hewani lebih baik dibanding dengan protein nabati. Pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein merupakan penyusun bagian besar pertumbuhan badan seperti otot, kulit, jantung, dan paru-paru.
  • Kecerdasan otak. Orang yang sering memakan bakso akan mempunyai kecerdasan yang baik, dibanding dengan yang jarang makan bakso. Karena daging pada bakso mengandung berbagai vitamin yang baik bagi kecerdasan otak.
  • Penambah tenaga. Bakso mengandung lemak yang bermanfaat sebagai penyimpan energi dan tenaga. Lemak yang terdapat dalam daging bakso berfungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia, Selain itu lemak juga berfungsi bagi tubuh manusia untuk membuat rasa kenyang yang lebih lama.
Tapi walau bermanfaat, anda juga harus bisa mengendalikan diri kalau doyan makan bakso. Artinya hati-hatilah jika membeli bakso yang terdapat di pinggir jalan. Disarankan untuk makan bakso saat masih direbus atau asap masih mengepul dan bakso dalam keadaan mendidih sehingga kuman telah mati.