Kandungan Dan Manfaat Sayur Brokoli Untuk Tubuh

Banyak orang yang tidak menyukai sayuran. Menurut kebanyakan orang, sayuran memiliki cita rasa yang kurang sedap dan tidak membuatnya ingin memakannya. Padahal di dalam sayuran terkandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Salah satu sayuran yang kaya akan kandungan tersebut yaitu brokoli. Selain karena manfaat sayur brokoli yang tidak sedikit, menurut sebagian orang, sayur brokoli mempunyai rasa yang enak dibandingkan sayuran yang lainnya.



Berikut adalah manfaat sayur brokoli untuk tubuh :

1. Memperlancar Pencernaan

Banyak orang yang mengeluhkan sembelit atau susah buang air besar, sembelit ini disebabkan karena kurangnya asupan serat di dalam tubuh. Dalam hal ini, manfaat sayur brokoli adalah untuk memperlancar proses pencernaan, karena sayur brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi.Sehingga juga berfungsi untuk  mencegah sembelit datang.

2. Membuat Awet Muda

Sayur brokoli memiliki kegunaan untuk mencegah penuaan dini.

3. Menjadi Anti Oksidan

Seperti sayuran pada umumnya, manfaat sayur brokoli yang tidak kalah penting adalah menjadi anti oksidan alami yang berfungsi untuk menyerang radikal bebas yang mengancam tubuh. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan asam amino sulfur dan vitamin C pada sayur brokoli.

4. Baik Untuk Penglihatan

Manfaat sayur brokoli yang selanjutnya adalah melindungi mata dari katarak ,dan degenerasi makula. Hal tersebut karena sayur brokoli mengandung suatu zat yang disebut dengan beta karoten.

5. Mencegah Tulang Keropos


Tahukah anda jika brokoli juga mengandung fosfor, seng, magnesium dan kalsium. Zat-zat tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat sayur brokoli yang lainnya juga ternyata dapat mencegah penyakit Alzheimer, karena brokoli memiliki kandungan folat yang tinggi.

7. Mencegah Anemia

Penyebab utama penyakit anemia adalah kekurangan zat besi dalam darah. Brokoli sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia, karena memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang tinggi.

8. Melindungi Diri dari Radiasi

Paparan radiasi sinar UV tidak baik bagi kulit, karena dapat merusak kulit dan membuat kulit anda terlihat kurang menarik. Untuk mengatasi hal tersebut, sayur brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang dapat mencegah peradangan dan perusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi sinar UV.

9. Membuat Kehamilan Lebih Sehat

Karena sayur brokoli mengandung folat, sehingga mejadikan sayur brokoli dipercaya untuk menjaga kehamilan. Kandungan folat ini berfungsi untuk melindungi janin dari ancaman spina bifida.

10. Mencegah Depresi

Selain berguna untuk kehamilan, kandungan folat pada sayur brokoli juga bermanfaat untuk mengontrol suasana hati, sehingga anda akan terhindari dari rasa khawatir, kelelahan, stres dan depresi.

11. Mencegah Sel Kanker

Manfaat sayur brokoli yang juga sangat penting adalah mencegah sel kanker. Kanker disini bisa berupa kanker ovarium, kanker payudara, kanker usus dan lainnya. Sayur brokoli dapat mencegah sel kanker karena memiliki kandungan fitokomia yang biasa disebut dengan isothiocyanate dan indole. Manfaat yang satu ini bisa disebut sebagai salah satu manfaat sayur brokoli yang paling utama.

12. Membantu Proses Menurunkan Berat Badan

Karena mengandung serat yang lumayan banyak, selain berguna untuk memperlancar pencernaan, sayur brokoli juga memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga anda tidak perlu mengurangi porsi makan anda.

Tips : Jangan masak brokoli terlalu matang. Ini agar kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sayur brokoli tidak hilang atau terbuang.

Demikianlah beberapa manfaat sayur brokoli serta kandungan yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi hidup sehat anda.