Penyebab Dan Gejala Penyakit Leukimia

Penyakit leukimia atau kanker darah putih merupakan penyakit yang disebabkan oleh sangat melimpahnya produksi sel darah putih, hingga mengganggu fungsi normal darah. Biasanya penyakit ini juga disebabkan oleh radiasi yang buruk pada lingkungan. Gejala penyakit leukimia pun lumayan sulit untuk diidentifikasi secara dini. Biasanya orang akan mulai curiga jika sudah sampai mengeluarkan darah.



Tidak ada salahnya anda mengetahui gejala penyakit leukimia untuk lebih waspada terhadap diri anda sendiri, ataupun orang terdekat anda. Berikut adalah gejala penyakit leukimia yang harus anda waspadai :

1. Berdarah

Berdarah yang dimaksud disini adalah ketika anda terluka dan mengeluarkan darah, darahnya akan sulit menggumpal seperti orang pada umumnya. Pendarahan akan berlangsung lama. Jika anda lebih memperhatikan, warna darah tersebut tidak sepekat seperti orang sehat, darahnya akan berwarna sedikit lebih muda.

2. Sering Mimisan

Penderita  leukimia pada stadium awal biasanya akan menunjukkan gejala seperti mimisan. Ketika mimisan terjadi biasanya akan dibarengi dengan rasa pusing yang teramat sangat.

3. Mengalami Pendarahan pada Gigi atau Gusi

Gejala penyakit leukimia yang selanjutnya adalah sering mengalami pendarahan hebat pada gigi atau gusi. Jika pendarahn hanya sesekali dan mudah diatasi, mungkin hal ini hanya disebabkan oleh kekurangan vitamin. Namun jika sering dan susah diatasi, anda sudah mulai harus waspada.

4. Berkurangnya Berat Badan

Pada beberapa kasus leukimia pada anak, anak akan mengalami penurunan berat badan secara signifikan. Hal tersebut juga disebabkan karena anak kehilangan nafsu makannya ketika terserang leukimia.

5. Kehilangan Keseimbangan

Selain berkurangnya berat badan, gejala penyakit leukimia pada anak juga bisa diidentifikasi ketika anak mulai kehilangan keseimbangan. Jika anak anda sebelumnya aktif berlari kesana kesini dengan bebas, namun menjadi sering jatuh dan tidak seimbang, anda sebaiknya mulai mewaspadai hal tersebut.

6. Wajah Menjadi Pucat

Terganggunya produksi sel darah merah menyebabkan wajah penderita leukimia tidak cerah dan terlihat pucat.

7. Nyeri pada Tulang

Gejala penyakit leukimia yang lainnya adalah rasa nyeri pada tulang di saat malam hari, dan mengeluarkan keringat. Selain itu, kondisi ini biasanya dibarengi dengan rasa mual ingin muntah dan rasa kembung.

8. Merasa Lelah yang Berkepanjangan

Gejala ini mungkin terjadi karena pada proses produksi sel darah putih dalam jumlah yang sangat besar membutuhkan energi yang sangat besar. Jadi tanpa anda sadari energi anda habis untuk memproduksi sel darah putih.

9. Muncul Bintik Bintik pada Kulit

Gejala penyakit leukimia juga bisa terlihat dengan timbulnya bintik-bintik merah pada kulit penderitanya. Hal ini berhubungan langsung dengan proses produksi sel darah.

10. Terserang Infeksi

Karena pada penderita leukimia sel darah putihnya tidak normal, sel darah putih yang biasa melawan infeksi tidak dapat bekerja seperti seharusnya. Hal ini menyebabkan penderita leukimia menjadi lebih mudah untuk terserang bakteri atau virus.

11. Mengalami Anemia

Karena produksi sel darah merah yang terganggu, penderita leukimia menjadi lebih mudah terserang anemia. Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Ketika penderita terluka sedikit saja, akan sulit darahnya untuk membeku dan keadaan ini akan semakin mempermudah untuk terserang anemia.

Penyakit kanker darah atau leukimia ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor keturunan, faktor kelainan genetik, pengaruh  kelainan darah, pernah terpapar radiasi tingkat tinggi hingga merokok.

Setelah anda mengetahui gejala penyakit leukimia dan penyebabnya, semoga anda semakin waspada dan menjaga kesehatan anda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, sehingga anda bisa mendeteksi lebih cepat adanya penyakit mematikan ini.