Khasiat Biji Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Menyeluruh

Untuk beberapa orang, setelah menikmati buah pepaya pasti akan langsung membuang bijinya. Padahal biji pepaya tersebut sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Khasiat biji pepaya memang belum diketahui banyak orang, sehingga masih banyak yang meremehkannya. Bisa dibilang pepaya adalah tumbuhan yang serba guna, selain rasa buahnya yang nikmat, daun dan bunganya bisa dijadikan sayur, bijinya juga memiliki beberapa khasiat.



Berikut adalah beberapa khasiat biji pepaya yang sebaiknya anda ketahui. Siapa tahu suatu saat akan anda butuhkan atau berguna bagi orang terdekat anda.

1. Berfungsi Melancarkan Pencernaan

Bukan hanya buahnya, biji pepaya juga dapat berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan, karena mengandung zat papain. Zat papain ini berfungsi membersihkan saluran pada pencernaan dengan cara memaksimalkan enzim pencernaan.

2. Berfungsi Mencegah Tumbuhnya Uban

Untuk anda yang sudah memasuki usia rawan uban, khasiat biji pepaya yang satu ini bisa sangat membantu. Caranya dengan menghaluskan biji pepaya, lalu digunakan pada saat mandi secara teratur. Setelah digunakan secara merata, tinggal bersihkan dengan cara berkeramas seperti biasa.

3. Berfungsi Mencegah Infeksi
Seperti halnya buah pepaya, biji pepaya juga memiliki kandungan enzim proteoloitik untuk membersihkan tubuh anda dari berbagai parasit. Cara kerja enzim tersebut adalah dengan menghancurkan parasit dan telurnya dengan memecah limbah protein. Selain itu, khasiat biji pepaya juga untuk membunuh amuba dan cacing parasit karena mengandung alkaloid anthelmintik.

4. Berfungsi Membasmi Racun Hati

Biji pepaya biasa digunakan pada pengobatan tradisional untuk membasmi racun yang ada di hati. Sesendok teh biji pepaya dapat membuang racun-racun di dalam hati. Selain itu, khasiat biji pepaya juga dapat digunakan untuk pengobatan sirosis hati.

5. Berfungsi Melindungi Ginjal

Setelah dilakukan beberapa kali penelitian, ilmuwan akhirnya mempercayai jika ekstrak dari biji pepaya dapat membasmi racun yang bisa menyebabkan gagal ginjal, dan melindungi ginjal menjadi lebih sehat.

6. Berfungsi Menurunkan Kadar Kolestrol

Hal tersebut karena biji pepaya mampu menurunkan kadar lipopretein densitas rendah, dan meningkatkan kadar HDL pada tubuh anda.

7. Berfungsi Mengobati Diare

Biji pepaya juga dipercaya berkahsiat untuk mengobati masuk angin dan diare.

8. Berfungsi Membantu Membentuk Anti Oksidan di Dalam Darah

Khasiat biji pepaya yang selanjutnya adalah membentuk anti oksidan dan hipolipidemia, karena ternyata ekstrak biji pepaya mengandung tanin, flavonoid, saponi, alkoloid, anthocyanosides dan anthraquinones.

Kandungan saponi juga berkhasiat untuk meminimalisir aktifitas kolesterol, dengan cara mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu. Kandungan flavanonoid dalah biji pepaya berfungsi sebagai anti oksidan di dalam darah, yang berkhasiat untuk memerangi radikal bebas.

9. Berfungsi Mengobati Cacingan

Biji buah pepaya juga dipercaya sangat ampuh untuk mengobati penyakit cacingan.

Setelah mengetahui beberapa khasiat biji pepaya, berikut adalah cara yang biasa digunakan untuk mengkonsumsi biji pepaya :

1. Cara yang pertama adalah dengan memblender langsung biji pepaya seperti membuat jus, untuk menambah cita rasanya anda bisa menambahkan madu.

2. Cara yang kedua adalah mengeringkannya untuk diambil ekstraknya. Cara ini bisa memakan waktu berhari-hari.

Pertama anda harus menjemurnya hingga benar-benar kering dalam waktu tiga hari, lalu ditumbuk hingga menjadi serbuk halus. Setelah itu anda bisa menyeduhnya dengan air hangat dengan satu sendok teh setiap megkonsumsinya.

Meskipun khasiat biji pepaya sangat banyak, namun hal yang harus diperhatikan adalah biji pepaya tidak dianjurkan dikonsumsi wanita yang sedang hamil. Ini karena bisa membahayakan janin yang ada dalam kandungan. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas bisa bermanfaat.