Kandungan Dan Khasiat Sayur Pare Bagi Kesehatan Tubuh

Sayur-sayuran memang terkenal memiliki beraneka ragam kegunaan untuk tubuh. Mulai dari sayur mayur berwarna hijau, hingga warna-warna lainnya. Banyak sekali vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau, seperti sayur pare. Namun sayangnya, karena rasa sayur pare yang lumayan pahit membuat beberapa orang kurang menyukai sayuran jenis ini. Bentuk buahnya pun keriput sehingga membuat orang kurang menyukainya. Padahal khasiat sayur pare sangat baik bagi tubuh.


Sayur pare memiliki bahasa Latin momordica charantina. Pohon sayur pare ini hidup merambat seperti pohon mentimun. Selain mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, sayur pare juga bisa dijadikan obat tradisional. Berikut adalah beberapa khasiat sayur pare untuk tubuh yang perlu anda ketahui :

1. Mencegah Penyakit Kanker

Belakangan ini sangat ramai pembicaraan mengenai penyakit kanker dan cara mencegahnya. Salah satu khasiat sayur pare ini adalah bisa digunakan untuk mencegah sel kanker pada tubuh manusia. Sayur pare mengandung suatu zat yang disebut zat lesichin, yang berguna untuk menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh manusia, serta mencegah sel kanker yang akan menyerang tubuh anda.


2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain penyakit kanker, penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat Indonesia. Sayur pare ini mengandung zat insulin yang disebut phyto (polipeptida-P) dan sangat berguna untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah manusia. Namun, anda juga harus mengontrol konsumsi pare, karena jika terlalu banyak mengkonsumsinya akan membuat tekanan darah anda menjadi sangat rendah.


3. Menjadi Anti Oksidan Alami dalam Tubuh

Khasiat sayur pare yang berikutnya adalah menjadi anti oksidan alami untuk tubuh anda. Hal ini karena sayur pare mengandung vitamin C sebanyak 84 mg setiap 100 gram nya. Kandungan vitamin C yang banyak ini yang berfungsi menjadi anti oksidan untuk memerangi radikal bebas yang berusaha masuk ke dalam tubuh manusia. Selain mengandung vitamin C, sayur pare juga memiliki kandungan vitamin A.


4. Membantu Program Diet

Seperti sayuran hijau pada umunya, sayur pare memiliki kandungan serat yang banyak yang berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan. Selain itu, sayur pare juga juga memiliki kandungan kalori yang cukup untuk mengontrol nafsu makan anda, dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sepertinya khasiat sayur pare yang satu ini akan menjadi favorit bagi para wanita.


5. Baik Untuk Ibu Hamil

Mengapa baik dikonsumsi bagi ibu yang sedang mengandung?. Ini karena ternyata sayur pare mengandung folat sebanyak 72 mg setiap 100 gram nya. Folat merupakan salah satu zat yang dibutuhkan untuk ibu hamil dalam perkembangan janin di dalam perut, dan mengurangi resiko cacat tabung saraf untuk sang bayi. Namun anda juga dianjurkan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsinya, hanya cukup sebulan sekali.


6. Bermanfaat Untuk Kesehatan Rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khasiat sayur pare yang lainnya adalah bermanfaat untuk rambut anda. Sayur pare ini bisa berguna untuk menjadikan rambut anda lebih berkilau dan mengatasi ketombe. Selain itu, sayur pare juga bisa mengatasi rambut kusut, rambut berminyak dan lepek, rambut kasar serta mencegah gatal pada kulit kepala.


7. Mengandung Vitamin B Kompleks

Sayur pare mengandung vitamin B-3, B-5 dan B-6. Selain itu, sayur pare juga memiliki kandungan berbagai mineral seperti seng, mangan, kalium, zat besi dan magnesium. Zat-zat tersebut sangat bagus untuk tubuh anda.

Itulah beberapa khasiat sayur pare yang perlu anda ketahui. Meskipun rasanya pahit, namun sayur pare ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh anda. Jika anda pintar untuk mengolahnya, sayur pare juga bisa menjadi hidangan yang lezat.