Gejala, Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau biasa disebut dengan faringitis merupakan penyakit yang terjadi karena adanya infeksi pada bagian tenggorokan (faring). Yang berbahaya dari penyakit ini adalah penyakit ini bisa menular. Penularan ini biasanya terjadi melalui menghirup tetesan udara dari penderita radang. Penyakit ini biasanya menunjukkan gejala tertentu, gejala radang tenggorokan itulah yang harus anda waspadai. Penyakit juga lebih sering menyerang anak-anak dan remaja.



Gejala radang tenggorokan akan muncul dua hingga tujuh hari setelah seseorang terserang penyakit radang tenggorokan. Ada salah satu jenis radang tenggorokan yang berbahaya, radang tenggorokan ini disebabkan oleh bakteri streptokokus. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri tersebut dapat menjalar ke daerah katup jantung jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat. Radang tenggorokan jenis ini juga bisa menyebabkan Demam Remathik.

Berbeda dengan radang yang disebabkan oleh bakteri, radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya lebih mudah disembuhkan. Biasanya gejala radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus bisa sembuh dengan sendirinya, jika penderita menjaga pola makan yang sehat. Sebenarnya, tidak semua radang tenggorokan perlu diobati. Jika radang tenggorokan disebabkan oleh pilek dan flu biasa, biasanya radang tersebut akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jika gejala radang tenggorokan terus berlanjut hingga lebih dari satu minggu, anda baru dianjurkan untuk menemui dokter.

Berikut adalah beberapa gejala radang tenggorokan yang muncul dan perlu anda ketahui :

1. Tenggorokan Terasa Kering

Gejala radang tenggorokan yang pertama adalah tenggorokan anda terasa kering meskipun anda telah minum berkali-kali. Kondisi ini biasanya membuat anda tidak nyaman.

2. Tenggorokan Terasa Sakit

Tenggorokan akan terasa sakit ketika berbicara ataupun menelan. Kondisi ini akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Sda baiknya anda melakukan pemeriksaan kepada dokter.

3. Demam dan Menggigil

Dalam beberapa kasus, radang tenggorokan juga membuat anda mengalami demam tinggi dan menggigil kedinginan.

4. Kelenjar Leher Membesar

Jika radang tenggorokan yang dialami parah, akan muncul kelenjar yang membesar pada leher.

5. Batuk

Karena terdapat radang pada tenggorokan, maka anda akan sering batuk. Setiap kali anda batuk, tenggorokan anda akan terasa sakit dan perih. Hal ini juga menyebabkan anda merasa haus terus menerus.

Setelah anda mengetahui gejala radang tenggorokan, ada baiknya anda melakukan pencegahan dan pengoabatannya, karena bisa mengganggu aktifitas keseharian anda. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi gejala radang tenggorokan :

1. Hindarilah asap rokok, baik anda sebagai perokok aktif maupun pasif. Asap rokok hanya akan membuat tenggorokan akan terasa semakin sakit dan tidak nyaman.

2. Jangan mengkonsumsi makanan yang pedas. Mengkonsumsi makanan pedas hanya akan menambah iritasi pada tenggorokan anda yang sedang sakit.

3. Berkumur dengan air hangat juga akan mengurangi radang tenggorokan, dan membuat tenggorokan akan terasa lebih nyaman.

Setelah mengetahui gejala radang tenggorokan dan cara untuk mengurangi gejalanya, berikut adalah beberapa cara untuk menyembuhkan radang tenggorokan secara alami yang bisa anda lakukan :

1.  Mengkonsumsi Teh Jahe

Teh jahe sangat mudah ditemui di malam hari pada beberapa warung makanan khusus malam hari. Jahe dapat membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir tenggorokan. Selain itu, jahe juga memberikan rasa hangat.

2. Madu dan Lemon

Cukup seduh madu dan air lemon secukupnya dengan air hangat.

3. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Itulah beberapa gejala radang tenggorokan dan cara mencegah serta mengatasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat.