Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Memiliki tubuh yang sehat merupakan impian semua orang. Rasanya tidak mungkin ada orang yang menginginkan jatuh sakit. Begitupun dengan wanita. Wanita memang terkenal lebih memperhatikan kesehatan dan kecantikan dirinya ketimbang pria. Cara menjaga kesehatan tubuh wanita pun semakin gencar saja dilakukan. Wanita tidak segan-segan untuk sedikit lebih repot demi kesehatan dan kesempurnaan tubuhnya.



Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang bisa anda praktekkan setiap hari di rumah :

1. Selalu Berpikiran Positif

Pikiran anda sangat menentukan kesehatan tubuh anda. Jauhi stres dan memikirkan hal-hal negatif. Berpikiran negatif hanya akan memberikan efek negatif juga pada tubuh anda. Seperti kata pepatah, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

2. Menjaga Kebersihan Tubuh

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang paling menentukan adalah kebersihan. Anda tidak mungkin bisa sehat jika anda tidak bersih. Hal-hal kotor akan menjadi tempat berkembangnya virus dan bakteri. Jagalah kebersihan tubuh anda dengan mandi minimal dua kali sehari.

Menjaga kebersihan ini bukan hanya untuk tubuh anda, melainkan juga yang anda kenakan dan juga lingkungan  anda. Jaga pula kebersihan kuku anda, karena pada kuku biasa terdapat cacing yang bisa masuk ke dalam tubuh anda.

3. Cukup Istirahat

Kelelahan hanya akan membuat anda dekat dengan penyakit, karena pada saat anda kelelahan, sistem imun atau kekebalan tubuh akan ikut melemah. Tidur yang cukup sangat mempengaruhi kesehatan anda, tidurlah sekitar tujuh hingga delapan jam per hari. Saat tidur, tubuh anda akan meregenerasi sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

4. Menjaga Pola Makan

Mulailah untuk menjaga pola makan anda menjadi lebih baik. Perbanyak makan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin pada tubuh anda. Buah dan sayur sangat bagus untuk menjaga kelembaban kulit dan membuat anda sebagai wanita terlihat lebih awet muda.

Jaga porsi makanan yang anda konsumsi juga agar jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan hanya akan membuat anda menjadi gemuk dan lebih gampang terserang penyakit.

5. Olahraga

Lakukan olahraga apapun yang anda sukai, karena pada dasarnya semua jenis olahraga itu baik untuk kesehatan. Cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang satu ini sedang sangat digandrungi akhir-akhir ini. Kini, wanita tidak lagi takut berkeringat. Bagi yang  tidak suka berkeringat, berenang mungkin bisa menjadi salah satu alternatif.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan akan membuat anda lemas dan tidak bergairah. Memenuhi kebutuhan cairan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang sangat penting. Namun, anda tidak perlu meminum air dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Cairan yang tubuh perlukan juga bisa berasal dari buah seperti semangka dan buah pir.


7. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu elemen utama untuk membentuk sistem imun dalam tubuh anda. Tidak memenuhi kebutuhan vitamin sama saja anda membiarkan virus dan bakteri menjadi mudah untuk masuk ke dalam tubuh anda.

8. Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol sama sekali tidak memberikan efek yang baik pada tubuh anda. Merokok hanya  akan memberikan kesempatan penyakit untuk hinggap pada tubuh anda.

9. Be Happy !

Berbahagialah. Bahagia merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang paling manjur. Cukup dengan tersenyum sudah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang sangat mudah untuk dilakukan. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan.