Cara Mengobati Penyakit Kuning Dengan Bahan Herbal

Penyakit ini disebut penyakit kuning karena, ketika seseorang mederita penyakit ini tubuhnya akan menjadi berwarna kekuningan, mulai dari kulit hingga warna mata. Hal ini disebabkan oleh penumpukan bilirubin (zat berwarna kuning) di dalam jaringan tubuh dan darah. Seringnya terjadi penyakit ini menyebabkan banyak orang yang mencari cara mengobati penyakit kuning. Bilirubin itu sendiri merupakan zat sisa yang dihasilkan disaat sel darah merah berhasil terurai. 


Penyakit kuning biasanya disebabkan oleh virus. Namun selain disebabkan oleh virus,, penyakit kuning juga bisa disebabkan oleh obat-obatan, parasit, bakteri, alkohol, gizi buruk dan bahan-bahan kimia tertentu. Gejala penyakit kuning yang bisa terlihat adalah kulit dan mata tampak kekuningan, menjadi tidak nafsu makan, perut menjadi membuncit, mengalami demam tinggi, mudah merasa kelelahan, warna urine menjadi gelap dan kadang disertai darah, nyeri di bagian punggung hingga bisa muntah darah.

Banyak cara mengobati penyakit kuning yang bisa anda lakukan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Untuk penyakit kuning jenis pre-hepatic, pengobatannya lebih difokuskan pada mencegah peningkatan zat bilirubin yang ada di dalam darah.

2. Sedangkan untuk penyakit kuning yang disebabkan oleh infeksi virus, pengobatannya dengan memberikan obat anti virus.

3. Dengan Ramuan Brotowali
Bahan yang dibutuhkan adalah 1 jari batang brotowali, 1 sendok makan madu dan air secukupnya. Cara membuatnya dengan merebus batang brotowali yang sudah dipotong-potong hingga matang. Setelah matang saring ramuan tersebut dan tambahkan madu untuk meminimalisir rasa pahit dari brotowali. Ramuan ini cukup efektif sebagai salah satu cara mengobati penyakit kuning. 

4. Dengan Pepaya
Pepaya dapat menyembuhkan penyakit kuning karena mengandung enzim peptin. Caranya dengan mencampurkan daun pepaya dengan buah pepaya yang masih mentah. Kemudian dihaluskan lalu ditambahkan madu. Tambahkan sedikit air dan minum sehari sekali.

5. Dengan Jahe
Sifat anti oksidan dan anti biotik yang dimiliki jahe juga bisa digunakan sebagai obat penyakit kuning. Caranya dengan mencampurkan jahe yang sudah dihaluskan dengan ekstra mint, dan air jeruk nipis, serta madu asli. Minum ramuan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Dengan Tomat
Bahan yang dibutuhkan adalah tomat sebanyak 2 buah dan gula pasir secukupnya. Caranya hanya dengan menjadikan tomat sebagai jus dengan memblendernya.

7. Dengan Ramuan Kunyit
Bahan yang dibutuhkan adalah satu buah kunyit dan satu sendok makan madu. Cara membuatnya dengan memarut kunyit lalu ditambahkan air. Setelah tercampur tinggal disaring, dan untuk meminumnya ditambahkan madu untuk menambah cita rasa. Ramuan ini cukup manjur sebagai salah satu cara mengobati penyakit kuning.

8. Dengan Temulawak
Bahan yang dibutuhkan adalah madu secukupnya dan dua buah temulawak. Cara membuatnya dengan memarut temulawak yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah selesai diparut tambahkan air hangat dan madu. Setelah semuanya tercampur saring untuk mendapatkan airnya dan tinggal diminum.

9. Dengan Mengkudu
Caranya dengan memarut buah mengkudu secukupnya, lalu hasil parutan diperas menggunakan kain. Minumlah air parutan tersebut. Meskipun rasanya sangat pahit, namun buah mengkudu ini sangat bagus sebagai salah satu cara mengobati penyakit kuning

Itulah beberapa cara mengobati penyakit kuning yang bisa anda buat sendiri. Cara apapun yang anda pilih terserah anda, baik dengan menggunakan cara modern maupun tradisional. Karena yang terpenting adalah segera menyembuhkan penyakit kuning. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan semoga bisa membantu mengatasi penyakit kuning yang sedang anda derita. Selamat mencoba.