Tujuh Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan Wajah

Tomat. Rasanya yang menyegarkan dan harganya yang murah meriah ini membuatnya mudah untuk ditemukan dimana-mana. Selain sebagai sayuran, dijadikan bumbu, lalapan dan jus, ternyata tomat juga bermanfaat untuk kecantikan. Banyak orang yang belum mengetahui manfaat tomat untuk kecantikan, sehingga dianggap sepele. Padahal jika anda mengetahuinya, anda tidak perlu lagi menggunakan berbagai macam krim yang berharga mahal.



Tomat merupakan tumbuhan asli Amerika Selatan dan Amerika Tengah, dari Peru hingga Meksiko. Tomat termasuk dalam Ordo Solanales, dan hanya memiliki siklus hidup yang singkat. Tomat memiliki banyak sekali jenis, diantaranya gondol, ceri, granola dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat tomat untuk kecantikan yang bisa anda dapatkan :

1. Tomat Bermanfaat Untuk Mencerahkan Kulit

Bagi anda yang kurang percaya diri dengan warna kulit anda yang kurang cerah, tomat merupakan salah satu solusi buat anda. Hal tersebut karena tomat memiliki banyak vitamin C. Caranya anda cukup dengan mengiris tomat dengan tidak terlalu tipis, dan gunakan untuk menggosok secara merata wajah anda. Semakin anda rajin melakukannya, semakin maksimal juga hasilnya.

2. Tomat Bermanfaat Untuk Mengecilkan Pori-pori

Manfaat tomat untuk kecantikan yang kedua adalah mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah. Caranya dengan memblender tomat dengan air (perbandingan dua banding satu). Usapkan tomat yang sudah dihaluskan dengan menggunakan kapas, dan pijat-pijat wajah anda agar hasilnya lebih maksimal.

3. Tomat Bermanfaat Untuk Menghilangkan Jerawat

Vitamin A dan vitamin C pada tomat sangat efektif untuk mengusir jerawat dari wajah anda. Selain itu, tomat juga bisa menghilangkan ruam kemerahan pada kulit. Cukup gosokkan potongan tomat yang masih segar pada bagian kulit yang membutuhkan.

4. Tomat Berfungsi Untuk Membuat Anda Awet Muda

Manfaat tomat untuk kecantikan yang satu ini karena tomat mampu menyerap oksigen dengan sangat baik, dan menangkal radikal bebas. Maka anda akan terhindar dari kulit berkeriput dan rusak. Sebaiknya anda melakukan perawatan dengan tomat sekitar 2 kali dalam seminggu.

5. Tomat Berfungsi Untuk Melindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet

Di jaman serba polusi ini, terkena paparan sinar matahari secara langsung sangat tidak baik untuk kesehatan kulit anda, apalagi paparan sinar ultraviolet. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit kering, kusam dan bersisik. Karena tomat memiliki anti oksidan yang tinggi, maka tomat sangat bermanfaat untuk menangkal hal tersebut.

6.  Tomat Berfungsi Untuk Menghaluskan Kulit

Manfaat tomat untuk kecantikan yang tidak kalah penting adalah untuk menghaluskan kulit. Caranya dengan menghaluskan tomat segar dan madu hingga berbentuk seperti masker. Aplikasikan pada kulit yang membutuhkan dan pijat secara perlahan. Diamkan beberapa saat hingga kandungan yang ada di dalam tomat teresap ke dalam kulit. Sebaiknya jangan keluar rumah dahulu setelah membersihkan kulit.

7. Tomat Berfungsi Untuk Mengontrol Produksi Minyak Berlebih Pada Wajah

Anda pasti akan merasa kesal jika memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, karena wajah anda akan terlihat mengkilap jika berada di luar ruangan, dan make up anda menjadi cepat luntur. Tomat terbukti mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Cara membuatnya dengan menghaluskan tomat segar dan buah mentimun. Sebelum mengaplikasikan masker ini, bersihkan dahulu wajah anda dengan air bersih. Lalu diamkan selama kurang lebih setengah jam.

Itulah beberapa manfaat tomat untuk kecantikan yang sebaiknya anda ketahui. Tentu saja masih banyak kegunaan tomat yang lainnya. Lakukanlah perawatan dengan tomat di atas secara teratur, agar hasil yang anda dapatkan bisa lebih maksimal. Selamat mencoba.