Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit Secara Menyeluruh

Jeruk nipis biasanya dijadikan bumbu tambahan untuk menyegarkan makanan, atau diolah untuk jadi minuman yang menyegarkan, karena rasa asamnya yang khas. Namun ternyata, selain itu jeruk nipis memiliki manfaat yang luar biasa. Jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan.



Jeruk nipis atau bisa juga disebut limau nipis merupakan tumbuhan perdu yang memiliki buah dengan nama yang tidak berbeda. Buah jeruk nipis berwarna hijau atau bisa juga kuning dan berbentuk bulat kecil, dengan diameter sekitar tiga hingga enam senti meter. Jeruk nipis ini sendiri termasuk dalam kelas Magnoliopsida dan Ordo Sapindales. Nama Latin jeruk nipis adalah Citrus Aurantifolia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang bisa anda dapatkan :

1. Bermanfaat Untuk Mencerahkan Wajah
Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang pertama adalah untuk mencerahkan wajah. Bagi anda yang tidak terlalu suka menggunakan produk-produk kecantikan, anda dapat memanfaatkan jeruk nipis. Caranya dengan mengiris jeruk membelah keruk nipis dan diperas untuk mendapatkan airnya. Lalu campurkan perasan air jeruk nipis dengan madu secukupnya dan aplikasikan pada wajah. Tunggu beberapa saat hingga campuran tersebut diserap oleh pori-pori wajah dan bersihkan dengan air. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakannya, dan gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Bermanfaat Untuk Mengurangi Jerawat
Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang kedua adalah untuk mengurangi jerawat. Masih sama dengan cara sebelumnya, anda hanya perlu mendapatkan air dari hasil perasan dan tinggal oleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Karena sifatnya yang asam, air perasan jeruk nipis ini bisa menimbulkan rasa perih jika mengenai bagian yang terluka.

3. Bermanfaat Untuk Merawat Wajah Berminyak

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang ketiga adalah untuk merawat wajah berminyak. Caranya masih sama dengan cara-cara sebelumnya.

4. Bermanfaat Untuk Mengurangi Bintik Hitam dan Noda
Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang keempat adalah untuk mengurangi bintik dan noda pada wajah. Caranya dengan menggosok-gosokan jeruk nipis yang sudah dibelah dua pada kulit wajah. Anda juga bisa mencampurkan air dari perasan satu buah jeruk nipis dengan tomat dan memblendernya. Setelah halus bisa langsung diaplikasikan pada wajah.

5. Bermanfaat Untuk Membersihkan Wajah yang Kusam

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang kelima adalah untuk membersihkan wajah yang kusam. Anda bisa langsung mengaplikasikannya dengan menggosokkan bagian jeruk nipis, atau memanfaatnya air hasil perasaanya.

6. Bermanfaat Untuk Menghilangkan Tanda-tanda Penuaan
Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang keenam adalah menghilangkan tanda-tanda penuaan pada wajah. Anda bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan pepaya, dan dihaluskan untuk dijadikan masker . Aplikasikanlah pada wajah sebagai masker.

7. Bermanfaat Untuk Menetralisir Racun Di dalam Kulit
Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang ketujuh adalah untuk menetralisir racun. Jeruk nipis juga memiliki kemampuan untuk detoksifikasi. Anda bisa mengolahnya untuk dijadikan minuman, seperti es jeruk nipis dan infused water. Selain itu anda juga bisa menggosokkan jeruk nipis pada bagian kulit yang membutuhkan.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang sebaiknya anda ketahui. Tentu saja masih banyak lagi manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan anda. Meskipun untuk kecantikan, cara-cara tersebut juga bisa diaplikasikan pada pria. Jadi anda yang pria tidak perlu iri dan khawatir. Selamat mencoba dan semoga kulit anda semakin sehat dan berseri. Semoga bermanfaat.