Lima Manfaat Super Dari Bawang Putih Untuk Kecantikan

Mendapatkan wajah yang cantik dan mulus tidak harus melulu dengan melakukan perawatan khusus dengan dokterm dan mengeluarkan biaya mahal. Tuhan menciptakan tumbuh-tumbuhan di sekitar anda yang bisa anda maksimalkan kegunaannya untuk kecantikan. Anda hanya perlu lebih rajin dan kreatif lagi untuk mengolah bahan-bahan yang ada di sekitar anda. Salah satu tanaman yang juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan adalah bawang putih. Meskipun belum terlalu populer, kini bawang putih semakin sering digunakan karena ternyata sudah banyak yang membuktikan berbagai manfaat bawang putih untuk kecantikan.


Bawang putih ini sendiri merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang termasuk dalam kelas Liliopsida. Dalam bahasa Inggris bawang putih disebut dengan garlic. Bawang putih biasa digunakan sebagai bumbu di benua Asia, Eropa dan Afrika. Terlepas dari peran utamanya sebagai bumbu masakan wajib di Indonesia, berikut adalah manfaat bawang putih untuk kecantikan yang wajib anda ketahui.

1. Berfungsi Untuk Mengobati Jerawat

Bagi wanita, jerawat adalah satu musuh terbesarnya selain kegemukan. Jerawat bisa menurunkan rasa percaya diri untuk keluar rumah melakukan suatu aktifitas. Namun, kini ada cara yang sangat mudah untuk menyingkirkan jerawat dari wajah anda, karena bawang putih memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang akan mengeringkan jerawat, dan selanjutnya mencegah terjadinya peradangan.

Caranya yaitu haluskan bawang putih sesuai kebutuhan untuk dioleskan pada wajah anda yang berjerawat. Namun jangan terlalu lama, karena bawang putih juga memiliki efek panas. Waktu yang paling tepat untuk menggunakan bawang putih ini adalah pada saat malam hari sebelum tidur.


2. Berfungsi Untuk Mengusir Komedo

Manfaat bawang putih untuk kecantikan yang selanjutnya adalah untuk mengusir komedo. Komedo ini terbagi menjadi komedo hitam dan komedo putih. komedo paling sering terdapat di hidung. Cara menggunakannya sama dengan sebelumnya, yaitu dengan menghaluskan lalu menempelkannya pada kulit yang membutuhkan. Gosok-gosok secara perlahan agar bawang putih bisa segera mengangkat komedo pada kulit. Hal yang perlu diperhatikan juga masih sama, yaitu jangan mengoleskannya lama dan jangan menggosoknya terlalu keras.

3. Berfungsi Untuk Menghaluskan Kulit Wajah

Karena bawang putih memiliki zat organosulfur yang biasa disebut allicin, bawang putih juga dapat menghaluskan kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk kecantikan yang ini, anda cukup mencampurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan sedikit pasta, dan oleskanlah pada kulit wajah anda.

4. Berfungsi Untuk Melawan Penuaan Dini

Anda tidak perlu lagi melakukan suntikan ini itu untuk terlihat awet muda. Manfaat bawang putih untuk kecantikan yang satu ini bisa dibilang sangat dahsyat, karena bisa mencegah penuaan dini dan menghilangkan kerutan. Caranya dengan memasukkan beberapa tetes air dari perasan bawang putih ke dalam krim wajah yang anda gunakan sehari-hari.

5. Berfungsi Untuk Memudarkan Bekas Luka

Bawang putih juga bisa digunakan para ibu setelah melahirkan untuk menghilangkan strech mark dan bekas luka lainnya. Bagi anda yang juga merasa terganggu dengan kehadiran tahi lalat di wajah anda, anda tidak perlu melakukan operasi yang mahal, karena anda bisa memudarkan tahi lalat dengan mengoleskan bawang putih.

Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk kecantikan yang bisa anda manfaatkan untuk memaksimalkan penampilan anda. Yang perlu anda perhatikan adalah, setiap orang memiliki jenis kulit dan alergi yang berbeda-beda. Ada juga yang menggunakan bawang putih ini tetapi malah terjadi alergi. Karena bawang putih memiliki sifat panas, anda tidak boleh menggunakannya terlalu lama dan terlalu sering. Ketahanan kulit wajah anda untuk menerima rasa panas dari bawang putih juga berbeda-beda. Jadi anda harus berhati-hati.