Cara Mudah Merawat Wajah Yang Berjerawat

Jerawat merupakan salah satu musuh terbesar wajah. Rasanya sangat menjengkelkan ketika jerawat tiba-tiba muncul di wajah. Selain menurunkan kadar percaya diri, beberapa jerawat biasanya menimbulkan rasa sakit dan berdenyut. Jerawat juga biasanya membuat tangan anda ingin terus menyentuhnya secara refleks, padahal hal tersebut malah membuat perhatian orang lain fokus pada jerawat anda. Karena sangat mengganggu, anda membutuhkan cara merawat wajah berjerawat yang khusus.


Jerawat muncul di suatu keadaan dimana pori-pori kulit (biasanya kulit wajah) tersumbat, hingga timbul benjolan berupa kantung yang berisi nanah yang meradang. Penelitian mengatakan, tidak ada seorangpun yang tidak pernah berjerawat, yang membedakan adalah intensitas munculnya jerawat dan jenis jerawat itu sendiri. Jerawat bisa disebabkan oleh sel kulit mati, kosmetik yang tidak cocok, bakteri, stres dan produksi minyak berlebih.

Berikut adalah cara merawat wajah berjerawat yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah :

1. Dengan Cara Jaga Kebersihan Wajah Anda

Cara merawat wajah berjerawat yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan wajah anda setiap hari. Jangan pernah malas untuk mencuci wajah, apalagi ketika anda sehabis beraktivitas di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari langsung. Untuk membersihkan wajah anda dari make up, gunakan facial foam terlebih dahulu, baru gunakan toner setelahnya. Hal ini untuk memastikan make up anda terangkat secara sempurna, dan tidak ada yang tertinggal di pori-pori wajah.

2. Dengan Cara Menggunakan Krim Khusus Untuk Wajah Berjerawat

Krim khusus untuk wajah berjerawat banyak terdapat di toko-toko kosmetik. Gunakan krim tersebut karena bahannya sudah disesuaikan dengan wajah berjerawat. Perhatikan kembali bahan-bahannya, apakah akan menimbulkan alergi tertentu pada wajah anda atau tidak. Perhatikan juga masa berlaku krim wajah yang akan anda beli.

3.  Merawat Wajah Berjerawat dengan Menggunakan Tomat

Cara merawat wajah berjerawat yang berikutnya adalah dengan menggunakan tomat. Karena tomat dipenuhi dengan kandungan protein, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi dan Licopane. Kandungan tersebut berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mengempeskan jerawat. Anda bisa menghaluskannya untuk diaplikasikan pada wajah, atau dengan mengiris-irisnya untuk ditempelkan pada wajah yang berjerawat.

4. Merawat Wajah Berjerawat dengan Menggunakan Pepaya

Cara merawat wajah berjerawat yang keempat adalah dengan menggunakan pepaya, ini karena kandungan papain di dalamnya. Papain ini sangat berguna untuk menyembuhkan dan mengempeskan peradangan pada kulit wajah. Selain itu pepaya juga bisa membuat kulit anda menjadi lebih halus dan lebih putih. Cara dengan menghaluskan pepaya hingga menjadi masker, dan mengaplikasikannya pada kulit. Biarkan masker pepaya tersebut meresap sempurna, kurang lebih sekitar setengah hingga satu jam.

5. Merawat Wajah Berjerawat dengan Menggunakan Wortel

Cara merawat wajah berjerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan wortel. Wortel selama ini terkenal baik untuk menjaga kesehatan mata, karena kandungan vitamin A nya. Namun selain itu wortel juga baik untuk kecantikan, karena bisa mencegah dan menghilangkan jerawat dengan kandungan anti oksidan dan enzim yang ada di dalamnya. Cara membuatnya yaitu mencampurkan wortel dengan madu. Haluskan wortel tersebut dengan cara diparut. Lalu aplikasikan pada bagian kulit yang berjerawat secara merata. Diamkan kurang lebih selama empat puluh menit hingga satu jam. Gunakan campuran ini secara teratur, dan anda akan terbebas dari jerawat dan memiliki kulit lebih bersih.

Itulah beberapa cara merawat wajah berjerawat yang sangat mudah untuk anda praktekkan. Menghindarkan diri dari rasa khawatir berlebih dan stres jug sangat ampuh untuk mencegah jerawat datang kembali. Selamat mencoba.