Cara Mudah Mengatasi Atau Menghilangkan Depresi

Cara menghilangkan depresi. Depresi merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasa sangat terpuruk karena suatu keadaan, yang membuatnya dalam keadaan mood yang tidak baik, stres, merasa khawatir yang teramat sangat. Biasanya seseorang yang mengalami depresi akan merasa tidak nyaman dengan keadaannya sendiri. Depresi kini bisa menyerang semua kalangan.


Kebanyakan orang yang mengalami depresi menunjukkan tanda-tanda awal yang sederhana, seperti tidak nafsu makan, tidak ingin keluar rumah dan bertemu dengan orang lain, susah untuk diajak komunikasi, hingga rambut rontok. Jika depresi sudah sampai pada tingkat yang parah, penderita bisa saja sampai ingin melakukan bunuh diri. Namun, orang yang sedang mengalami depresi biasanya tidak menyadari jika dirinya sedang depresi.

Cara menghilangkan depresi sebenarnya tidak harus dengan menggunakan atau membawanya ke psikolog, namun ini jika masih bisa di-handle dengan orang terdekat. Berikut adalah cara menghilangkan depresi yang bisa anda lakukan :

1. Olahraga
Olahraga dapat mengatur serotonin dan norepinefrin di dalam otak. Olahraga juga bisa membuat anda lebih bahagia. Berolahragalah dengan teman atau pasangan anda, hal ini lebih menyenangkan daripada berolahraga sendiri. Olahraga juga dapat mengurangi waktu anda untuk memikirkan hal-hal yang bisa membuat anda cemas dan depresi.

2. Bercerita atau Curhat
Membagikan masalah dengan orang terdekat anda, bisa membuat anda merasa tenang dan lega. Selain mengeluarkan unek-unek anda, dengan bercerita anda juga akan mendapatkan masukan dari orang lain. Cara ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan depresi yang cukup efektif, karena dengan bercerita anda tidak akan merasa sendiri dan kesepian.

3. Bersyukur dan Menerima Keadaan
Bersyukur ini sangat mudah diucapkan, tapi sulit untuk dilakukan. Anda pasti akan sampai pada situasi yang tidak anda inginkan, tetapi anda harus menerimanya. Mulailah belajar untuk menerima keadaan lalu mensyukurinya. Bukan berarti anda menyerah, anda hanya perlu yakin bahwa ada rencana yang lebih indah yang telah Tuhan persiapkan, ketika anda mengalami keadaan yang tidak menyenangkan.

4. Melakukan Kegiatan Positif
Orang yang mengalami depresi biasanya adalah seseorang yang kurang berkegiatan dan sering melamun sendiri. Untuk menghilangkan depresi, mulailah untuk mencari kegiatan positif yang berguna untuk anda dan orang lain. Semakin banyak kegiatan positif anda, semakin kecil kemungkinan anda untuk depresi.

5. Melakukan Akupuntur
Cara menghilangkan depresi yang lainnya adalah dengan melakukan akupuntur. Menurut penelitian para ilmuwan, akupuntur dapat mengurangi depresi.

6. Melakukan Meditasi
Meditasi merupakan kegiatan menyepi untuk lebih berserah pada Tuhan.  Hasil penelitian menyatakan bahwa orang yang melakukan meditasi lebih kecil presentasenya untuk kambuh kembali depresinya.

7. Yoga
Yoga merupakan salah satu olahraga yang menitikberatkan pada emosi dan pernafasan. Dengan beryoga, anda dapat menghilangkan depresi, membuat pikiran menjadi lebih tenang, meningkatkan kualitas tidur dan menambah energi.

8. Melakukan Terapi Cahaya
Cara menghilangkan depresi yang lainnya adalah dengan melakukan terapi cahaya. Terapi ini biasanya dilakukan satu jam setiap harinya, dengan anda hanya perlu duduk di dekat kotak yang terang. Untuk melakukan terapi ini, anda perlu berkonsultasi atau berada di bawah bimbingan orang sudah mahir melakukannya.

9. Minum Air Putih
Tahukah anda jika anda kekurangan air putih bisa menyebabkan anda bad mood dan emosi anda meledak-ledak. Jika hal ini berlangsung pada waktu yang lama. akan sangat mempengaruhi keadaan emosi anda dan bisa saja membuat anda depresi.

Itulah beberapa cara menghilangkan depresi yang bisa anda lakukan untuk anda sendiri. Berfikir positif sangat penting untuk menjaga mood dan emosi anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.