Cara Merawat Wajah Berminyak Dengan Masker Alami

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah dan masalahnya sendiri-sendiri. Ada yang memiliki kulit wajah kering, ada juga yang berminyak. Cara merawatnya juga pasti berbeda. Selain itu, jenis krim dan make up yang cocok digunakan juga sangat berbeda. Jangan sampai anda salah memilih dan malah menimbulkan masalah baru. Cara merawat wajah berminyak juga tidak boleh sembarangan, anda harus pintar-pintar untuk memilih perawatan apa yang paling tepat.

Wajah berminyak merupakan jenis wajah yang memproduksi minyak dengan berlimpah, sehingga membuat wajah anda terlihat becek dan kurang fresh. Produksi minyak berlebih ini dilakukan oleh kelenjar sebaceous. Karena itu, anda harus menemukan cara merawat wajah berminyak yang tepat.



Wajah berminyak ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor salah memilih kosmetik, faktor keturunan, faktor hormonal, faktor obat-obatan, faktor pikiran hingga faktor tanning kulit. Wajah berminyak dapat ditandai dengan pori-pori kulit yang lebar, kulit wajah terlihat mengkilap, banyak komedo, dan lapisan kulit sering mengelupas.

Untuk anda yang memiliki masalah kulit berminyak, berikut cara merawat wajah berminyak yang harus ketahui, agar penampilan anda menjadi lebih menawan.

1. Dengan Cara Menjaga Kebersihan
Hal pertama yang perlu anda perhatikan sebagai cara merawat wajah berminyak adalah, menjaga kebersihan wajah anda. Bersihkan wajah anda minimal dua kali sehari setelah beraktivitas di luar ruangan, dan sebelum tidur dengan air sekaligus dibarengi dengan pembersih atau toner khusus untuk wajah berminyak. Memilih produk-produk kecantikan yang berbahan dasar alami juga baik untuk dilakukan.

2. Menggunakan Masker Pepaya
Cara merawat wajah berminyak yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker alami, yaitu dari buah pepaya. Haluskan pepaya secukupnya dan gunakan pada wajah anda.

3. Menggunakan Masker Pisang
Cara merawat wajah berminyak yang ketiga adalah menggunakan masker pisang. Masker ini bisa anda buat sendiri dengan cara menghaluskan pisang dan langsung mengaplikasikannya pada wajah anda. Diamkan hingga masker terserap pori-pori kulit wajah dan mengering.
Pisang baik digunakan karena memiliki berbagai kandungan vitamin dan anti oksidan yang tinggi.

4. Dengan Cara Mengatur Asupan Nutrisi
Tahukah anda jika produksi minyak berlebih juga dipengaruhi dengan makanan yang anda konsumsi?. Cara merawat wajah berminyak dengan mengatur pola makan ini adalah degan tidak mengkonsumsi lemak secara berlebihan, karena lemak yang berlebih dapat memperbanyak produksi minyak.

5. Dengan Menggunakan Masker Lemon
Masker lemon dipercaya manjur untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah. Cara membuat masker ini juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan air hasil perasan lemon dengan madu secukupnya, dan diaplikasikan pada wajah. Selain untuk mengurangi produksi minyak berlebih, lemon juga berfungsi untuk mencerahkan kulit.

6. Dengan Menggunakan Air Mawar
Untuk membuat wajah anda terbebas dengan minyak yang berlebih, cucilah muka anda dengan air rendaman bunga mawar pada pagi hari. Mawar memiliki kandungan astringent. Selain sebagai salah satu cara merawat wajah berminyak, air mawar juga berfungsi untuk membuat kulit terlihat lebih cerah.

7. Dengan Menggunakan Masker Bubuk Kayu Manis
Untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, anda juga bisa menggunakan masker bubuk kayu manis. Selain itu, masker ini juga ampuh membasmi jerawat. Cara membuatnya dengan mencampurkan bubuk kayu manis sebanyak satu sendok teh dengan dua sendok teh madu. Aplikasikan ke wajah dan biarkan selama beberapa saat.

Itulah beberapa cara merawat wajah berminyak yang pastinya sangat mudah untuk anda buat sendiri. Anda tidak perlu lagi merasa kesal karena wajah anda akan berkilap ketika di bawah paparan sinar matahari, karena sekarang anda sudah mendapatkan solusinya.